Selasa, 30 September 2014

TARI REMO

ennyern.blogspot.com
    
 Tari Remo 

                Tari ini berasal dari Jawa Timur yang biasanya ditarikan secara berkelompok atau individu. Tari Remo ini menggambarkan tentang seorang pria dari Jawa Timur yang gagah dan berani. Sebenarnya ini adalah tarian lelaki namun perempuan juga bisa bahkan jika kita lihat
dipementasan kebanyakan yang menarikan adalah perempuan.Ciri khas dari tarian ini yaitu biasanya di kaki kanan menggunakan gongseng dan make up nya yang mencolok seperti pria. Properti dari tari Remo ini yaitu gonseng. Hal- hal yang perlu diperhatikan ketika akan menari Remo yaitu sebagai berikut :
  • Kuat dalam kuda- kuda : ( artinya ketika menari Remo harus benar-benar kuat dalam kuda-kuda karena jika tidak, tariannya akan menjadi kurangbagus karena kunci tari Remo terletak di kuda-kuda dan disetiap gerakan pasti ada kuda-kuda)
  • Badan tegak : (artinya sebagai penari Remo hendaknya harus berbadan tegak karena jika kita menari Remo dengan membungkuk akan kelihatan kurang bagus karena tari Remo menggambarkan kegagahan pria)
  • Tangan sigrak : ( artinya jika tangan kanan bentuknya 90 derajat sedangkan tangan kiri mengepit selendang antara jari telunjuk dengan jari tengah dengan diangkat ke atas)
  • Mampu bermain ekspresi : ( artinya karena tari Remo menggambarkan lelaki, pastinya berekspresi dengan melotot dan juga senyum. Namun, jika kita melotot dilakukan ketika menggelengkan kepala. Sedangkan jika kita senyum dilakukan selain gerakan menggelengkan kepala)
  • Mampu memahami ketukan gamelan dari lagu Remo tersebut : ( artinya di dalam lagu Remo hanya ada tanda dari gamelan sehingga kita harus benar-benar cermat dan harus mampu menghafal tari Remo tersebut) 
  • Percaya diri di depan orang banyak
Jadi, jika kita menarikan tari Remo memang harus butuh proses karena tari Remo memang membutuhkan tenaga yang agak besar. Apalagi tari remo Bolet, tari paling berat diantara tari remo lainnya karena kaki kiri menopong badan dan badan juga harus tegak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar